Istiqomah, Siti (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGEMBANGAN LEARNING ORGANIZATION DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 15 JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
COVER_compressed.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB I_compressed.pdf Download (119kB) |
|
Text
BAB II_compressed.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB III_compressed.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB IV_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf Download (82kB) |
|
Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf Download (24kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kebijakan baru dari Kemendikbudristek Nomor 56/M/2022 dan KMA Nomor 347 Tahun 2022 yaitu tentang pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran di Madrasah yang dituntut melaksanakan kebijakan itu dengan harapan pelaksanaan pendidikan dapat optimal dan berkembang sesuai harapan pemerintah, Faktanya, dalam melaksanakan kebijakan tersebut banyak hambatan dan kendala yang dihadapi sehingga lembaga pendidikan belum dapat berhasil dengan baik dalam penerapanya. Lembaga pendidikan dituntut untuk dapat menyusun, merancang dan mengimplementasikan kurikulum merdeka yang inovatif, yang berdampak pada peningkatan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 15 Jombang. (2) mendeskripsikan learning organization di Madrasah Tsanawiyah Negeri 15 Jombang (3) menemukan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pengembangan learning organization di Madrasah Tsanawiyah Negeri 15 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi lapangan(field reseach). Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis teori Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi: kondensasi data, paparan data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa 1) Madrasah Tsanawiyah Negeri 15 Jombang telah melaksanakan kurikulum merdeka melalui tahapan yaitu perencanaan ,pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan diterapkan pada kelas vii dan kelas viii 2) Learning organization dijadikan pijakan dalam program implementasi kurikulum merdeka 3) Madrasah Tsanawiyah Negeri 15 Jombang diantara madrasah yang mencoba menerapkan implementasi kurikulum merdeka sebagai pengembangan program pemerintah. Kesimpulanya adalah Kurikulum Merdeka dapat mengembangkan learning organization lembaga pendidikan yang berdampak menghasilkan mutu produk lulusan sesuai kebutuhan masyarakat dan ini terbukti pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 15 Jombang. Kata kunci: Implementasi, kurikulum merdeka, learning organization.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 28 Dec 2024 05:14 |
Last Modified: | 28 Dec 2024 05:14 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3370 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |