STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS GURU DAN PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 WIDANG TUBAN)

DAENURI, MUHAMMAD (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS GURU DAN PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 WIDANG TUBAN). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed (7).pdf

Download (110kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (24kB)

Abstract

Banyak faktor yang mempengarui kemajuan sekolah, begitu juga tantangan yang dihadapi sekolah berkaitan dengan maraknya kenakalan remaja pun juga banyak, oleh karena itu seorang kepala sekolah sebagai pemegang komando kebijakan harus mampu membawa lembaga kearah yang lebih baik, menuntun para guru dan peserta didik untuk lebih mengenal dan mendalami agamanya sebagai solusi menghadapi tantangan diatas, oleh karenanya dibutuhkan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan budaya keagamaan masyarakat sekolah.Penelitian ini bertujuan mengetahui, (1) langkah-langkah kepala sekolah dalm meningkatkan budaya religius, (2) budaya religius di sekolah yang sudah ada, (3) dukungan orang tua murid, komite sekolah, guru dan warga sekolah dalam menciptakan budaya religius, (4) cara mengatasi masalah meningkatkan budaya religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di SMPN 2 Widang Tuban. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini (1) langkah kepala sekolah dalam meningkatkan budaya religius diawali dengan perencanaan (rapat dengan guru, mendorong siswa lebih giat menjalankan agama, membuat piket jadwal kontrol kegiatan, (2) bentuk-bentuk budaya religius yang ada di sekolah adalah Shalat Dhuha, Salat Dhuhur berjamaah, Baca dan Tulis Al Qur’an, penambahan jam untuk materi ilmu agama, Peringatan Hari Besar Islam, penerapan 3 S, istighasah, LDS, Pondok Ramadlan. Sedangkan implementasinya adalah strategi yang sudah dirancang dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi (3) dukungan dari guru dan warga sekolah dalam meningkatkan budaya Religius meliputi, siswa datang ke sekolah di sambut oleh OSIS dan guru piket, siswa menuju musholla untuk menunaikan shalat dhuha bersama dibimbing oleh guru piket, kemudian masuk kelas dimulai dengan doa bersama, shalat dhuhur berjama’ah baik, siswa maupun guru dimushalla. Dukungan orang tua adalah orang tua menyisihkan sebagian hartanya untuk membangun mushalla di sekolah. Kata kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Budaya Religius

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:40
Last Modified: 24 Dec 2024 03:40
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats