Ginanjar, Toni (2024) MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN SAINS DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS TRENSAINS TEBUIRENG JOMBANG). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
![]() |
Text
Sampul.pdf Download (966kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf Download (105kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan kurikulum pembelajaran sains di SMA Trensains Tebuireng dalam upaya mengembangkan keterampilan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis siswa. Kurikulum ini dirancang khusus untuk mengintegrasikan ayat-ayat kawnīyah dari Al-Qur'an dengan konsep-konsep SAINS, guna membentuk pemahaman yang holistik dan mendalam tentang ilmu pengetahuan dalam konteks keimanan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu kodensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan kurikulum sainsterintegrasi dengan ayat-ayat kawnīyah di SMA Trensains Tebuireng didasari oleh kombinasi faktor-faktor penting, termasuk tenaga pendidik berkualitas, perencanaan pembelajaran terstruktur, media pembelajaran lengkap dan variatif, dan penerapan manajemen yang efektif dan efisien. (2) Upaya mengembangkan keterampilan literasi sains dan keterampikan berpikir kritis pada siswa melalui pendekatan metakognitif dan saintifik yang terintegrasi dalam kurikulum mereka. (3) Kendala yang dihadapi kurikulum pembelajaran sains di SMA Trensains Tebuireng diantaranya, Pandangan dikotomis tenaga pendidik terhadap ilmu agama dan ilmu umum, variasi kemampuan siswa, perangkat pembelajaran yang tidak memadai, serta keterbatasan sarana dan dana menjadi tantangan utama yang mempengaruhi integrasi ayat-ayat kawnīyah dengan ilmu sains. Solusi yang disarankan meliputi pelatihan kontinyu untuk meningkatkan kompetensi guru, peningkatan pemahaman siswa melalui interaksi yang lebih baik, pengembangan perangkat pembelajaran terintegrasi, optimalisasi sarana dan prasarana sekolah, serta upaya pengelolaan dan pencarian dana yang lebih efektif. Kata Kunci: kurikulum, pembelajaran sains, litersi Sains, berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 03:07 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 03:07 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3512 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
![]() |
View Item |