ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN TEORI MODEL EVALUASI CIPP PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jombang)

Pattisahusiwa, Pojawati (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN TEORI MODEL EVALUASI CIPP PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jombang). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka menjadi pembelajaran baru yang belum banyak diimpementasikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI), namun ada beberapa MI yang sudah menerapkannya, seperti di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jombang.. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengevaluasi keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS di kelas IV. Teori yang digunakan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum ialah teori evaluasi model CIPP Stufflebeam. Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasilnya, evaluasi konteks menemukan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan dan tujuan MIN 4 Jombang. Evaluasi input menemukan sumber daya seperti modul ajar, buku teks, video edukasi, dan teknologi pembelajaran yang digunakan sudah memadai untuk mendukung pembelajaran yang efektif. Evaluasi proses, implementasi pembelajaran berjalan dengan baik berkat perencanaan yang matang, dukungan sumber daya yang memadai, dan metode pembelajaran yang interaktif. Evaluasi produk menunjukkan peningkatan partisipasi aktif, disiplin, tanggung jawab siswa selama proses pembelajaran. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, P5-PPRA, Evaluasi Model CIPP, Pembelajaran IPAS, Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:15
Last Modified: 06 Oct 2025 03:15
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3491

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats