PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PINTAR MEMBACA (KOPINCA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN KALIJOGO SUBONTORO SANTREN MOJOAGUNG JOMBANG

Indarti, Erviana (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PINTAR MEMBACA (KOPINCA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN KALIJOGO SUBONTORO SANTREN MOJOAGUNG JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
SKRIPSI_Cover_1320010_PGMI_Ervianaindarti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 1_1320010_PGMI_Ervianaindarti.pdf

Download (471kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 2_1320010_PGMI_Ervianaindarti.pdf

Download (564kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 3_1320010_PGMI_Ervianaindarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 4_1320010_PGMI_Ervianaindarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 5_1320010_PGMI_Ervianaindarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
TURNITINSKRIPSI-1320010-ERVIANA INDARTI (1).pdf

Download (29kB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di MI Sunan Kalijogo Subontoro, beberapa peserta didik kelas 1 ada yang mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa Indonesia dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang mendukung. Maka, peneliti mengembangkan media Kopinca dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik yang diharapkan juga berdampak positif pada kemempuan membaca peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan teknik analisis data menggunakan Flow Model, dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan test praktik. Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa media Kopinca efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata validasi desain sebesar 92%, validasi ahli materi mencapai 100%, dan validasi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia juga mencapa 100%. Selain itu, hasil uji coba pemakaian pada uji coba 1 dan uji coba 2 juga membuktikan bahwa media Kopinca dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, hal ini diketahui dari perolehan hasil uji N-Gain terhadap nilai peserta didik sebesar 0,83. Kata kunci: Bahasa Indonesia, Kopinca, pengembangan media

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:12
Last Modified: 06 Oct 2025 03:12
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3490

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats