PENGARUH PEER EDUCATION METHODS TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA SANTRI PUTRA ASRAMA IBNU SIENA PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG

AL ASY’ARI, RIZAL HAFID (2024) PENGARUH PEER EDUCATION METHODS TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA SANTRI PUTRA ASRAMA IBNU SIENA PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM JOMBANG.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (981kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (23kB)

Abstract

Personal hygiene adalah upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan seseorang, baik fisik maupun psikis, kebersihan dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Pengetahuan yang kurang tentang perilaku personal hygiene dapat menimbulkan dampak yang negatif terhadap remaja santri yang hidup dan tinggal bersama di pesantren. Peer education adalah metode pedidikan kesehatan remaja sebaya yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan kesehatan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer education methods terhadap peningkatan pengetahuan tentang perilaku personal hygiene pada santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasy eksperiment pre-test - post-test control group design dengan pengambilan teknik sampling proportional random sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Analisis uji statistik menggunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney dengan tingkat kemaknaan (p value < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan intervensi adalah 0,000 (p<0,05) yang artinya ada pengaruh peer education terhadap peningkatan perilaku personal hygene pada santri, dan pada hasil ini menunjukkan perubahan terhadap peningkatan pengetahuan yang signifikan dengan hasil 0,001 (p<0,05), dan peer education memiliki pengaruh 5,5 kali lebih besar terhadap peningkatan pengetahuan perilaku personal hygiene pada santri. Hasil diatas menunjukkan bahwa dengan metode peer education santri dapat berdiskusi dengan rasa nyaman, aman dan dapat berpikir secara terbuka, karena yang menjadi fasilitator yaitu trman sebayanya, sehingga santri memahami perilaku persnal hygiene dengan baik, peer education diterapkan secara terus menerus maka metode peer education secara signifikan dapat meningkatan pengetahuan tentang perilaku personal hygiene pada remaja santri. Kata Kunci : peer education, pengetahuan, personal hygiene

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 05 Jul 2025 02:36
Last Modified: 05 Jul 2025 02:36
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats