Pangesti, Brian Handika Rama (2022) PENGARUH HELI GAME TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK DI MIN 4 REJOSO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
COVER.pdf Download (504kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (917kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf Download (29kB) |
Abstract
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dan berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di masyarakat. Pada usia anak sekolah, masalah yang mungkin terjadi diantaranya: Demam Berdarah Dengue, Cacar Air, Infeksi Mata, Infeksi Parasit Cacing, Karies Gigi dan Diare. Masalah ini cenderung disebabkan karena PHBS yang kurang baik, jika terus di abaikan akan menjadi masalah besar, terutama masalah Kesehatan anak. Intervensi yang dapat digunakan adalah media HELI Game. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh HELI Game terhadap peningkatan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan pendekatan Two Group Pretest-Postest Design, pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Jumlah populasi yang belum memahami PHBS dengan baik sebanyak 115 responden. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 responden, yang dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing berjumlah 34 responden. HELI Game diberikan selama 15-30 menit. Tingkat pengetahuan PHBS responden diukur menggunakan kuesioner. Analisis uji menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan PHBS sebelum diberikan intervensi pada kedua kelompok adalah sebanding. Pada kelompok perlakuan, tingkat pengetahuan meningkat dari median 6,5 menjadi 9, sedangkan pada kelompok kontrol, tingkat pengetahuan meningkat dari median 7 menjadi 8. Terdapat perbedaan pengaruh pemberian intervensi yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol terhadap peningkatan pengetahuan PHBS pada anak (40.47 vs 28.53: P<0.05). Intervensi HELI Game secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan PHBS anak dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan pengetahuan PHBS pada anak. Kata kunci: HELI Game, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 25 Jan 2025 04:03 |
Last Modified: | 25 Jan 2025 04:03 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3410 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |