HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU BULLYING REMAJA DI ASRAMA AR-ROMEL PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG

GUNAWAN, LALU (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU BULLYING REMAJA DI ASRAMA AR-ROMEL PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
[img] Text
hasil cek similarity.pdf

Download (23kB)

Abstract

Pendidikan pesantren saat ini banyak dipilih orang tua sebagai tempat pendidikan anaknya. Namun sayangnya, perilaku bullying juga banyak terjadi di dalam lingkungan pesantren, penyebab masalah ini sering kali terjadi karena merasa paling berkuasa, memiliki kelompok/geng, merasa menjadi senior di pesantren, dan kurangnya perhatian dari pembina atau pengasuh santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku bullying remaja di asrama Ar-romel Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling. Responden terdiri dari 98 santri dari 130 populasi. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner, Analisis uji yang digunakan adalah Uji Spearman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan bullying kategori baik 60 responden (61%), dan perilaku bullying kategori tidak melakukan 62 responden (63%), melakukan 36 responden (37%). Hasil penelitian didapatkan P value = 0,000 <α 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku bullying remaja di asrama Ar-romel Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang, nilai korelasi 0,867 yang berarti sangat kuat. Pengetahuan secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman tentang perilaku bullying, jika pengetahuan tentang bullying baik maka akan mempengaruhi perilaku remaja untuk tidak melakukan bullying Kata kunci: Bullying, Pengetahuan dengan Perilaku bullying, Remaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 22 Jan 2025 05:06
Last Modified: 22 Jan 2025 05:06
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats