Prayitno, Eko (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT MELALUI SCHOOL BRANDING (Study Pada Kelas Unggulan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Jombang). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
COVER_Tesis_Eko.pdf Download (474kB) |
|
Text
BAB 1_Tesis_Eko.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB II_Tesis_Eko.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III_Tesis_Eko.pdf Download (814kB) |
|
Text
BAB IV_Tesis_Eko.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
Text
BAB V_Tesis_Eko.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Tesis_Eko.pdf Download (549kB) |
|
Text
Similaiti_Bukti Originalitas Karya_Tesis_Eko.pdf Download (631kB) |
Abstract
Kondisi hari ini mendorong kepala sekolah bukan hanya menjalankan peran manajemen sekolah konvensional, namun bagaimana menciptakan school branding. Tuntutan ini tidak terlepas dari persaingan lembaga pendidikan dalam mendapatkan siswa baru yang semakin kompetitif. Partisipasi dan dukungan luas dari masyarakat, baik dari kalangan wali murid dan masyarakat sekitar sekolah, dianggap menjadi salah satu langkah penting untuk menyukseskan branding dan program-program sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Kabupaten Jombang dalam meningkatkan branding melalui animo masyarakat, mendeskripsikan animo masyarakat terhadap sekolah, serta strategi sekolah dalam mengkomunikasikan school branding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Sumber data penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi utama kepala sekolah dalam meningkatkan animo masyarakat adalah melibatkan berbagai pihak, seperti guru, wali murid, dan masyarakat dalam memberikan masukan, saran dan kritik semenjak tahapan perumusan strategis. Utamanya menyangkut perbaikan kualitas dan citra merek sekolah dalam hal proses pembelajaran. Animo masyarakat yang terwujud melalui persepsi menunjukkan penilaian yang positif terhadap school branding MTsN 16 Jombang. Hal ini terutama karena faktor kepercayaan masyarakat terhadap nilai pembentukan akhlak serta kegiatan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial juga turut menggerakkan wali murid dan masyarakat untuk berpartisipasi sebagai tahapan animo yang lebih tinggi. Terdapat dua langkah utama dalam upaya mengkomunikasikan school branding. Pertama, manajemen branding internal dengan memastikan kepaduan persepsi warga sekolah (guru, staf hingga murid) terhadap citra sekolah. Selanjutnya manajemen branding eksternal dengan melibatkan masyarakat dan wali murid untuk mendukung school branding. Promosi melalui kegiatan sosial seperti bakti sosial menjadi bentuk strategi branding yang paling efektif meningkatkan animo masyarakat, baik dari dalam bentuk persepsi maupun partisipasi. Kata Kunci: Manajemen Sekolah, Strategi Kepala Sekolah, School Branding, Animo Masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 28 Dec 2024 05:53 |
Last Modified: | 28 Dec 2024 05:53 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3372 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |