PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN

Muhammad, Nasrulloh (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (82kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (21kB)

Abstract

Kedudukan kepala sekolah dalam sebuah organisasi pendidikan sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Kepala Sekolah memiliki peran strategis dalam melakukan trobosan baru, mengintegrasi setiap kegiatan, dan mengembangkan model pembelajaran yang inovatif. Kepala Sekolah sebagai inovator dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik tercermin dalam pekerjaannya secara konstruktif, dan integratif, rasional, objektif, disiplin, teladan dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai inovator dalam pengembangan keterampilan siswa di SMK Sunan Drajat Lamongan. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode penentuan responden dilakukan dengan system purposive. Wujud data adalah kata-kata, catatan, dan dokumen yang didapat dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan pendidik di SMK Sunan Drajat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai innovator, kepala sekolah melakukan pengembangan keterampilan siswa berbasis industri, membentuk jiwa entrepreneur peserta didik, dan menjalin hubungan kerjasama dengan dunia industri. Adapun langkah-langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai innovator meliputi; menciptakan bussines center dan menumbuhkan jiwa integritas peserta didik. Adapun faktor pendukung peran kepala sekolah sebagai inovator dapat dilihat dari kemampuan kepala sekolah dalam menyesuaikan kompetensi guru dengan tugas yang dibebankan di masingmasing jurusan/program studi. Selain itu, terjalinnya hubungan baik dengan dunia industri, dan ikatan alumni yang kuat. Adapun faktor penghambat dalam pengembangan keterampilan siswa diantaranya fasilitas sarana dan prasarana kurang maksimal, serta kurangnya efisiensi waktu dalam pelaksanaan praktek siswa di lapangan. Kata Kunci: Kepala Sekolah, peran Inovator, soft skill dan hard skill siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 28 Dec 2024 02:49
Last Modified: 28 Dec 2024 02:49
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3361

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats