MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UPAYA MENANAMKAN KONSEP MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMK PRESTASI AL FATAH DAWARBLANDONG MOJOKERTO

Azhari, Zaki Rizal (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM UPAYA MENANAMKAN KONSEP MODERASI BERAGAMA PADA SISWA SMK PRESTASI AL FATAH DAWARBLANDONG MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed (6).pdf

Download (91kB)
[img] Text
hasil cek similarity.pdf

Download (52kB)

Abstract

Bermacam permasalahan dan konflik keagamaan yang terjadi di Indonesia didasari rasa ingin menang dari kelompok yang lain dengan tidak dilandasi dengan sikap toleransi yang baik. Maka dari itu sekolah yang merupakan lembaga yang bertujuan mencetak generasi bangsa yang berkualitas dan berkarakter, perlu menyupayakan pembentukan karakter selcara maksimal untuk meminimalisir cara pandang yang salah dalam kehidupan dan beragama.SMK Prestasi Al Fatah Dawarblandong Mojokerto turut andil dalam mengupayakan pembentukan karakter siswa di sekolahnya.Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen pendidikan karakter dalam upaya menanamkan konsep moderasi beragama pada siswa di SMK Prestasi Al Fatah Dawarblandong Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter dalam upaya menanamkan konsep moderasi beragama pada siswa sudah relevan dengan prinsip dasar manajemen. Perencanaan dilakukan dengan menentukan sasaran, tujuan dan standar karakter siswa. Pelaksanaan dilakukan dengan mengintegrasikan tiga kegiatan yaitu proses pembelajaran, ekstrakurikuler dan pembiasaan. Pengawasan dilakukan oleh pihak internal yang melibatkan semua warga sekolah dan eksternal sekolah yang melibatkan keluarga atau orang tua dan pengawas sekolah. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:30
Last Modified: 24 Dec 2024 03:30
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3357

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats