Nafi, Miswar (2023) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN WIDJAYA NGORO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
COVER_compressed.pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB I_compressed.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB II_compressed.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB III_compressed.pdf Download (54kB) |
|
Text
BAB IV_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
BAB V_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed (4).pdf Download (54kB) |
|
Text
HASIL CEK SIILARITY.pdf Download (22kB) |
Abstract
Pendidikan yang secara aktif dan strategis memfasilitasi proses belajar mengajar di sekolah adalah pendidik. Pendidik harus memiliki berbagai kompetensi sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya karena memegang posisi penting. Kompetensi kepribadian harus mendapat perhatian lebih, tanpa bermaksud mengabaikan salah satu kompetensi yang harus dimiliki pendidik. Sebab, kompetensi ini akan terkait dengan idealisme dan kemampuan memahami diri sendiri sebagai seorang pendidik. Selain itu kemampuan sosial juga merupakan sudut pandang penting bagi pendidik dalam membuat pembelajaran yang kuat. Siswa diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan konstruktif yang dapat meningkatkan kinerja mereka sebagai hasil dari ini. Guru akan lebih mudah menyampaikan berbagai informasi kepada siswa dalam pelajaran tertentu jika didukung dengan komunikasi yang efektif. Adapun tujuan tesis ini, diantaranya:untuk mendiskripsikan manajemen kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru Bimbingan Konseling, dan faktor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Widjaya Ngoro, Jombang. Meteode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan sumber data diperoleh penliti dari kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Berdasarkan penelitian, dapat diperoleh kesimpulan bahwa Kepala Sekolah dalam peningkatan kompetensi kepribadian dan kompentensi sosial guru bimbingan konseling menggunakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi agar visi, misi dan tujuan sekolah dapat terlaksanakan. Peningkatan kompetensi kepribadaian dan kompetensi Sosial melalui pelatihan, diklat, seminar, workshop, studi lanjutan dan penyedian fasiltas Faktor pendukung adalah motivasi dari kepala sekolah, guru bimbingan konseling terkualifikasi sarjana dan tersertifikasi. Sedangkan faktor penghambat meliputi terbatasnya waktu dalam konseling. Kata Kunci : Manajemen Kepala Sekolah, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sisial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 03:20 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 03:20 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3355 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |