Rosyid, Khafid Maulana (2023) ANALISIS COMPETITIVE ADVANTAGE STRATEGY PADA PUPUK NONSUBSIDI PHONSKA PLUS RITEL PT PETROKIMIA GRESIKMENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
|
Text
COVER.pdf Download (854kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (589kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
|
Text
CAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
|
Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf Download (12kB) |
Abstract
Indonesia dikenal sebagai negara agraris, dimana sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani dengan total 40,64 juta orang.Sektor pertanian terus dituntut untuk berperan dalam perekonomian nasional.Untuk dapat terus berperan dalam perekonomian nasional, sektor pertanian membutuhkan sarana produksi yang mempunyai peranan penting dalam peningkatan produktivitas dan kualitas dari hasil pertanian, yaitu pupuk. PT Petrokimia Gresik merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang produsen pupuk kimia yang mulai beroperasi pada tanggal 10 Juli 1972. PT Petrokimia Gresik memiliki kekuatan sumber daya untuk mengatasi persaingan pasar. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan mengenai strategi keunggulan bersaing yang rancang serta digunakan oleh PT Petrokimia dalam menghadapi persaingan pasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desekriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa analisis lingkungan internal menggunakan kerangka strategi generik yang menunjukkan hasil bahwa kekuatan dan kelemahan seperti: reputasi yang baik dengan pelanggan, nama merek, pelayanan, kualitas produk berupa kandungan Zink dan Sulfur lebih banyak memberikan keunggulan bersaing sehingga dapat dijadikan sebagai kekuatan internal. Sedangkan pada lingkungan eksternal yang dianalisis menggunakan Porter’s five force model mengidentifikasi peluang dan ancaman yang di dapatkan dari sisi eksternal. Peningkatan keunggulan bersaing didapatkan dengan mengkolaborasikan kedua komponen sebagai kekuatan dalam menentukan strategi. Kata kunci : Competitive Advantage Strategy, strategi Generik, Five Force Porter, Analisis SWOT
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan > S1 - Administrasi Bisnis |
| Depositing User: | Iqbal Iqbal |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:11 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:11 |
| URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3551 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
![]() |
View Item |
