MANAJEMEN PERENCANAAN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH FATTAH HASYIM TAMBAKBERAS JOMBANG

ILMIYA, ZAHROTUL (2023) MANAJEMEN PERENCANAAN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH FATTAH HASYIM TAMBAKBERAS JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (77kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY_compressed.pdf

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen perencanaan kurikulum dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning dan kemandirian belajar siswa di kelas X Madrasah Aliyah Fattah Hasyim Tambakberas Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen perencanaan kurikulum dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning dan kemandirian belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Fattah Hasyim Tambakberas Jombang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu Perencanaan strategis, Perencanaan program dan Perencanaan pembelajaran. Faktor pendukung Manajemen Perencanaan Kurikulum Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dan kemandirian siswa di kelas X Madrasah Aliyah Fattah Hasyim Tambakberas Jombang adalah keaktifan guru dan kreativitas guru, membaca kitab kuning bersama-sama satu kelas, saling menyima’ bacaan teman, adanya mata pelajaran pego dan siswa memiliki rasa ingin tahu yang besar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan siswa tidak merata, keragaman bahasa asal siswa dan rendahnya kemampuan siswa dalam gramatika Arab Kata Kunci : Manajemen Perencanaan Kurikulum, Kitab Kuning, Kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:52
Last Modified: 24 Dec 2024 02:52
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats