ANALISIS PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI ULA (UNTUNG LANCAR AMAN) DENGAN METODE UTAUT PADA PELAKU UMKM DI JOMBANG

KAASTO, DAROJAT (2024) ANALISIS PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNAAN APLIKASI ULA (UNTUNG LANCAR AMAN) DENGAN METODE UTAUT PADA PELAKU UMKM DI JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER-ABSTRAK_compressed.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB 1_compressed.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB 2_compressed.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 3_compressed.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB 4_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (21kB)

Abstract

Sistem informasi sudah menjadi kebutuhan mendesak bagi masyarakat, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, serta menengah (UMKM). Penerapan teknologi ini berdampak di setiap aspek kehidupan, termasuk usaha, yang saat ini terlihat dari maraknya perdagangan online atau e-commerce. Aplikasi ULA (Untung Lancar Aman) yang dikelola PT Jembatan Akar Teknologi merupakan e-commerce yang memudahkan UMKM melalui teknologi. Aplikasi ULA ialah pasar e-commerce B2B multi-kategori yang menggabungkan teknologi, keterampilan, dan peralatan ritel terkini menggunakan struktur UMKM yang ekonomis biaya . Namun buat mempertinggi kinerja sistem/software, maka sistem tersebut perlu dilakukan penilaian buat menaikkan kinerja sistem. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode UTAUT buat mengetahui reaksi serta persepsi pengguna terhadap keberhasilan dan kepuasan sistem saat diterapkan di pengguna Aplikasi ULA yang ditujukan di pelaku UMKM di Kota Jombang. Metodologi penelitian ini ialah kuantitatif, menggunakan dan mengembangkan survey pada 80 responden secara online dan offline serta diolah memakai software SPSS16. Melalui pengolahan data diperoleh yang akan terjadi bahwa kepuasan pengguna Aplikasi ULA Jombang hanya tercapai pada variabel “Facilitating Coditions”, tetapi belum tercapai pada variabel “Peformance Expetancy” “Effort Expetancy” dan “Social Influence”. Tingkat kepuasan pengguna pada faktor “Facilitating Conditions” sinkron dengan indeks kenyamanan kondisi yang memudahkan pekerjaan pengguna dan memenuhi kebutuhan pengguna Aplikasi ULA Jombang. Pengujian hipotesis membagikan bahwa masing-masing variabel UTAUT menghipnotis kepuasan pengguna terhadap aplikasi ULA. Kata Kunci: Sistem Informasi, UMKM, Kepuasan Pengguna, Aplikasi ULA, UTAUT, PT Jembatan Akar Teknologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:48
Last Modified: 18 Dec 2024 04:48
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats