IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB FATH AL-QARIB DI MADRASAH DINIYAH AL-HUSNA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG

Afiifah, Afiifah (2022) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB FATH AL-QARIB DI MADRASAH DINIYAH AL-HUSNA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
Cover_compressed.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Hasil Cek SIMILARITY_compressed.pdf

Download (32kB)

Abstract

Metode sorogan adalah sebuah sistem belajar dimana santri satu persatu meju kehadapan ustad/ustadzahnya untuk membaca dan menguraikan isi kitab dihadapannya. Metode sorogan merupakan salah satu metode radisional dalam pembelajaran yang masih diterapkan di Pondok Pesantren di Indonesia. Tujuan penelitian ini Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan serta kelancaran dalam membaca kitab kuning terutama kitab Fath} al-Qori<b. Jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini (1) Pembelajaran sorgan yang telah di terapkan di Madrasah Diniyah Al-Husna Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang adalah sutu bentuk upaya untuk meningkatkan kemampuan santri dalam membaca kitab kuning. (2) Dukungan dari fihak ndalem (keluarga kyai atau pengasuh asrama) mengenai pendalam serta memahami makna dari kittab-kitab kuning. Serta adanya dukungan dan motivasi dari pengasuh dalam mempertahankan serta mengembangkan sistem sorogan yang telah ada. (3) Faktor penghambat Kurangnya tenaga pengajar. Selain waktunya sempit disisilain kurangnya tenaga pengajar yang juga menjadi kendala dalam pelaksanaan metode sorogan yang diampu oleh beberapa asatidz, karna idealnya satu ustadz/ustadzah mengampu 5-7 santri, namun kenyataannya dilapangan terkadang satu ustdz/ustadzah mengampu 39 santri. Kata kunci : Pemahaman Sorogan dalam kitab Fath} al-Qori<b, Madrsah Diniyah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:13
Last Modified: 02 Oct 2024 02:13
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats