MARIYAN, UMI DWI (2022) PENGARUH MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
COVER.pdf Download (512kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (420kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (555kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (440kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
|
Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf Download (26kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan karakter, motivasi, dan kedisiplinan siswa, serta bagaimana pengaruh manajemen pendidikan karakter dan motivasi terhadap kedisiplinan siswa kelas 7 MTs Negeri 8 Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey, dimana pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket yang disebarkan kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 berjumlah 146 siswa yang dibagi menjadi 4 kelas. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling di mana setiap kelas diambil masingmasing 10 siswa dengan total sampel adalah 40. Berdasarkan hasil analisis data jawaban kuesioner siswa dengan menggunakan program SPSS For Windows Ver. 25 didapatkan bahwa manajemen pendidikan karakter siswa kelas 7 di MTs Negeri 8 Jombang berada dalam kategori cenderung rendah dengan nilai nilai rata-rata (mean) sebesar 194,43. Sedangkan motivasi siswa cenderung berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 105,78. Dan kedisiplinan siswa tergolong berada dalam kategori cenderung rendah dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 145,08. Uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh antara manajemen pedidikan karakter dan motivasi terhadap kedisiplinan siswa kelas 7 MTs Negeri 8 Jombang. Berdasarkan uji F atau ANOVA diperoleh nilai F hitung > dari F tabel sebesar 157,386 > 3.245 dengan tingkat signifikan (angka probabilitas) sebesar 0.000. Karena F hitung > dari F tabel, maka hipotesis diterima. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.946 dengan pengaruh sebesar R 2 0,895 atau 89,5%. Sedangkan sumbangan efektif (SE) pada variabel manajemen pendidikan karakter adalah 39,8%, sedangkan pada variabel motivasi adalah 49,7%. Sumbangan relatif (SR) pada variabel manajemen pendidikan karakter adalah 44,5%, sedangkan pada variabel motivasi adalah 55,5%. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Motivasi, Kedisiplinan Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 02:56 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 02:56 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3274 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |