PRATIWI, WINDHI (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIS BERBASIS VIDEO ANIMASI BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
COVER_compressed.pdf Download (307kB) |
|
Text
BAB I_compressed.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB II_compressed.pdf Download (168kB) |
|
Text
BAB III_compressed.pdf Download (54kB) |
|
Text
BAB IV_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
BAB V_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf Download (40kB) |
|
Text
HASIL CEK SIMILARITY_compressed.pdf Download (55kB) |
Abstract
Literasi matematis adalah suatu keterampilan literasi yang perlu dikuasai oleh siswa. Kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan dengan negara lain. Siswa masih banyak melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal literasi matematis. Maka dari itu, perlu dilakukan analisis kesalahan siswa agar kesalahan tersebut dapat segera diatasi. Seiring dengan kemajuan teknologi, soal literasi matematis akan disajikan dalam bentuk video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis berbasis video animasi. Karena itu penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis kesalahan yang digunakan dalam penelitian adalah jenis kesalahan menurut Newman. Pada penelitian ini diambil 3 subjek penelitian yaitu siswa dengan kesalahan terbanyak dan mempunyai keterampilan komunikasi yang baik. Pengumpulan data dengan cara pemberian soal literasi matematis berbasis video animasi dan wawancara. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini adalah : kesalahan-kesalahan yang dilakukan S-11 dalam mengerjakan soal literasi matematis berbasis video animasi yaitu kesalahan memahami soal literasi matematis berbasis video animasi, kesalahan keterampilan proses dalam mengerjakan soal literasi matematis berbasis video animasi, dan kesalahan penulisan jawaban akhir dalam mengerjakan soal literasi matematis berbasis video animasi. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan S-25 dalam mengerjakan soal literasi matematis berbasis video vii animasi yaitu kesalahan memahami soal literasi matematis berbasis video animasi, kesalahan keterampilan proses dalam mengerjakan soal literasi matematis berbasis video animasi, dan kesalahan penulisan jawaban akhir dalam mengerjakan soal literasi matematis berbasis video animasi. Dan kesalahankesalahan yang dilakukan S-31 dalam mengerjakan soal literasi matematis berbasis video animasi yaitu kesalahan keterampilan proses dalam mengerjakan soal literasi matematis berbasis video animasi, dan kesalahan penulisan jawaban akhir dalam mengerjakan soal literasi matematis berbasis video animasi. Kata kunci: Kesalahan, soal literasi matematis, video animasi, Prosedur Newman
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan > S1 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:15 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:15 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3237 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |