PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GENDER PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

KHUSNAH, MEILIA ASMAUL (2023) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GENDER PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (43kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY_compressed.pdf

Download (26kB)

Abstract

perbedaan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari gender pada penerapan model pembelajaran creative problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X di MAN 2 Jombang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sebanyak 4 kelas yaitu kelas IPS 1, kelas IPS 2, kelas IPS 3 dan kelas IPS 4. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai tertinggi dan terendah serta rata-rata secara berurutan pada kelas kontrol laki-laki yaitu 53 dan 75 serta 65,7. Nilai tertinggi dan terendah serta rata-rata secara berurutan pada kelas kontrol perempuan yaitu 53 dan 73 serta 64,03. Nilai tertinggi dan terendah serta rata- vii rata secara berurutan pada kelas eksperimen laki-laki yaitu 72 dan 88 serta 80,85. Nilai tertinggi dan terendah serta rata-rata secara berurutan pada kelas eksperimen perempuan yaitu 72 dan 88 serta 81,37. Besaran nilai taraf signifikansi pada uji Anova Dua Arah sebesar 0,000, hal ini > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena taraf siginifikansi < 0,05 yaitu ada perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender pada penerapan model pembelajaran creative problem solving. Rerata kemampuan pemecaan masalah ditinjau dari gender pada penerapan model pembelajaran creative problem solving lebih tinggi perempuan daripada laki-laki. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Gender, Model Pembelajaran CPS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan
Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan > S1 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:10
Last Modified: 19 Aug 2024 03:10
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats