REZKIYAH, ULFA KHOERUR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME RATU BILBUL (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT) KELAS VI MI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
COVER_compressed.pdf Download (292kB) |
|
Text
BAB I_compressed.pdf Download (119kB) |
|
Text
BAB II_compressed.pdf Download (227kB) |
|
Text
BAB III_compressed.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB IV_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text
BAB V_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf Download (48kB) |
|
Text
HASIL CEK SIMILARITY_compressed.pdf Download (28kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan media game ratu bilbul untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat yang valid, praktis, dan efektif, (2) menghasilkan media game ratu bilbul untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi operasi bilangan bulat yang valid, praktis, dan efektif. Model ADDIE adalah model penelitian pengembangan yang digunakan.Model ADDIE ini terdiri atas lima tahapan, yaitu: (1) analyze atau analisis, (2) design atau desain, (3) development atau pengembangan, (4) implementation atau implementasi, (5) evaluation atau evaluasi. Dua uji coba digunakan untuk menguji media game ratu bilbul, uji coba tersebut yaitu, uji coba terbatas dilakukan dengan 5 siswa MI Al Iman Tampingmojo dan uji coba lapangan dilakukan dengan 20 siswa MI Al Iman Tampingmojo. Random sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti. Lembar validasi, lembar angket respon siswa, lembar angket respon guru, dan tes pemahaman konsep (soal pretest dan posttest) digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk penelitian pengembangan ini. Secara keseluruhan, hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media game ratu bilbul telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Media memenuhi kriteria valid dengan persentase kevalidan 76,65%. Hasil uji coba kepraktisan media menunjukkan kriteria praktis dengan vii persentase kepraktisan sebesar 86,9%. Sedangkan hasil uji keefektifan media menunjukkan kriteria sangat efektif meningkatkan pemahaman kosep siswa terkait operasi hitung bilangan bulat dengan memperoleh rata-rata skor N-gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Kata kunci : pengembangan, media game ratu bilbul, operasi hitung bilangan bulat, pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan > S1 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:06 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3235 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |