PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMPN 2 BANGIL

MASLAHAH, DEWI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMPN 2 BANGIL. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB VI_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_compressed.pdf

Download (96kB)
[img] Text
HASIL CEK PLAGIASI _compressed.pdf

Download (34kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menginvestigasi seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example pada pemahaman konsep matematis siswa dalam materi bangun datar di SMPN 2 Bangil. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan rendahnya daya serap dan pemahaman siswa terhadap konsep matematika, serta kesusahan siswa dalam menuntaskan soal matematika. Model pembelajaran Example Non Example dipilih sebagai model yang relevan untuk meningkatkan pemahaman konsep karena model ini menggunakan contoh-contoh dan media gambar sebagai sarana pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan soal Pre-test dan Post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Example Non Example dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji mann-whitney untuk vi membandingkan skor N-Gain antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Ditambah juga penggunaan angket respon siswa sebagai instrumen tambahan untuk dapat mengetahui umpan balik dari sudut pandang siswa mengenai penerapan model pembelajaran Example Non Example. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Example Non Example memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example menunjukkan peningkatan yang lebih baik dalam pemahaman konsep matematis dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dalam memilih model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Modell pelmbellajaran Example l l Non Example l l, Pemahaman konse l p mate l lmatis, Bangun datar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan
Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan > S1 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:21
Last Modified: 27 Jun 2024 02:45
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3230

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats