STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR FIQH SISWA ANTARA METODE MIND MAPPING DENGAN METODE CERAMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DENANYAR JOMBANG

Romahdoni, Shindi (2017) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR FIQH SISWA ANTARA METODE MIND MAPPING DENGAN METODE CERAMAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DENANYAR JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru sebagai subyek dan pengelola dalam pengajaran bertanggung jawab terhadap kesuksesan proses belajar mengajar. Kesuksesan tersebut bisa dilihat dari pemahaman dan penguasaan materi yang diajarkan. Untuk mendukung kesuksesan tersebut, seorang guru harus memiliki metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi dan kecenderungan anak didik sehingga mempermudah pemahaman mereka. Metode mind mapping adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk membatu mempermudah pemahaman dan daya ingat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil pembelajaran menggunakan metode mind mapping, metode cermah dan bagaimana perbedaan hasil dua metode tersebut. Peneltian ini menggunakan metode pegumpulan data dengan cara dokumentasi dan memberikan soal tes pada kelas kotrol VII K dan kelas eksperimen VII I, sedangkan untuk menganalisi data peneliti menggunakan uji t dengan cara manual. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa thitung lebih kecil dari ttabel yakni 1,388 < 2,002 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 07 Oct 2017 03:55
Last Modified: 07 Oct 2017 03:55
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats