IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROSES KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN KELAS BAGI SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH BEJI JOGOROTO JOMBANG

Nadhifah, Umi (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROSES KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN KELAS BAGI SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH BEJI JOGOROTO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren TInggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Fiqih cenderung membosankan yang mengakibatkan anak kurang berkonsentrasi sehingga banyak anak yang keluar masuk pada jam pelajaran sehingga kondisi kelas tidak kondusif. Tujuannya mengetahui suasana kondisi kelas saat pembelajaran sebelum dan sesudah dilaksanakan implementasi pendekatan proses kelompok. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan flow model Metode penelitian yang digunakan, metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, tiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan pada pra siklus dengan suasana kelas masih belum kondusif,di lihat dari persentase dari hasil observasi suasana kelas 13%, pada siklus 1 suasana kelas mengalami peningkatan nilai persentase mencapai 48%, pada siklus 2 suasana kelas dapat dikatakan kondusif dan hasil sesuai yang diharapkan yakni persentase mencapai 91%,.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:44
Last Modified: 02 Oct 2017 04:44
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats