METODE PEMBELAJARAN KLASIK DAN METODE PEMBELAJARAN MODERN (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN RAMAYULIS DAN ABUDIN NATA)

MUKHIBBUDIN, MUKHIBBUDIN (2015) METODE PEMBELAJARAN KLASIK DAN METODE PEMBELAJARAN MODERN (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN RAMAYULIS DAN ABUDIN NATA). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Banyak kalangan yang berpendapat bahwa saat ini masih banyak guru yang menyalurkan ilmunya masih menggunakan metode klasik sedangkan pada zaman modern ini telah banyak pembaharuan dalam pengembangan metode-metode klasik menjadi modern.Tujuan penelitian ini adalah membandingkan metode pembelajaran klasik dan modern menurut Ramayulis dan Abudin Nata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian pustaka (Librari Research) dengan metode analisis komparatif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tiga cara yaitu dokumentasi, interpretasi data, deduktif induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua tokoh ini mempunyai persamaan dan perbedaan dalam pandangan konsep metode pembelajaran, baik metode pembelajaran klasik maupun modern. Hanya saja Ramayulis menyatakan metode klasik dan modern harus memperhatikan dasar-dasar metode pendidikan Sedangkan Abudin Nata metodeklasik dan modern harus menekankan praktek agar siswa punya pengalaman langsung. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh latar belakang kedua tokoh tersebut. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Klasik dan Metode Pembelajaran Modern.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 09 Nov 2015 06:26
Last Modified: 09 Nov 2015 06:26
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats