NISA’, SHOFIATUN (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS II DI MI SABILIRRIDLO SARIREJO TRAWASAN SUMOBITO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini adalah penelitian yang berjudul Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Portofolio Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II di MI Sabilirridlo Sarirejo Trawasan Sumobito Jombang”. Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu ;1. Bagaimana efektifitas penerapan pembelajaran berbasis portofolio sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 2 di MI Sabilirridlo Sarirejo Trawasan Sumobito Jombang. 2. Apa faktor pendukung efektifitas penerapan pembelajaran berbasis portofolio sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 2 di MI Sabilirridlo Sarirejo Trawasan Sumobito Jombang. 3. Apa faktor penghambat Bagaimana efektifitas penerapan pembelajaran berbasis portofolio sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 2 di MI Sabilirridlo Sarirejo Trawasan Sumobito Jombang. .Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif dapat disimpulkan; (1)Dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis portofolio proses pembelajaran dapar berjalan sangat efektif hal ini dapat diketahui bahwa rata-rata penguasaan bacaan shalat diakhir pelaksanaan siklus memperoleh skor 3,4 dengan kriteria B, selanjutnya tanggung jawab siswa dalam melaksanakan shalat lima waktu rata-rata sebanyak 4 kali yang tergolong B, artinya dalam penelitian ini baik dari bacaan maupun pelaksanaan shalat lima waktu siswa kelas II di MI Sabilirridlo Sarirejo Trawasan Sumobito Jombang sudah dapat dikatakan tuntas dengan memuaskan. (2.)Faktor pendukung: sarana, model pembelajaran yang bervariasi dan menarik siswa sehingga memudahkan siswa ikut aktif dalam menghafal bacaan shalat dan memiliki tanggung tanggung jawab dalam melaksanaaan shalat lima waktu. Selain itu peran serta dan dukungan dan peran aktif, guru, orang tua serta masyarakat sekitar termasuk lembaga-lembaga pengajian (TPQ) sangat membantu dalam mengarahkan siswa untuk dapat menguasai bacaan shalat dan memiliki rasa tanggungjawab dalam melaksanakan shalat lima waktu. (3).Kendala yang ditenui adalah lemahnya pengetahuan dan pemahan peserta didik tentang shalat lima waktu sehingga dibutuhkan ketekunan dan kesungguhan dalam membimbingnya, karena selama ini yang terjadi hanya tervokus pada penguasaan kognitif semata.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 23 Jan 2017 03:02 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 03:02 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/549 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |