PERBANDINGAN IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-GHOZALI JOGOROTO DAN PONDOK PESANTREN AL-KHOIRIYAH HASYIM DIWEK JOMBANG

SITI KHALIMATUS, SA’DIYAH (2016) PERBANDINGAN IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-GHOZALI JOGOROTO DAN PONDOK PESANTREN AL-KHOIRIYAH HASYIM DIWEK JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menghafal al-Qur’an sangat mungkin dilakukan oleh setiap muslim, namun perlu sebuah alat atau metode untuk mempermudah jalannya menghafal. Metode sorogan dianggap sangat efektif dalam menghafal al-Qur’an. Metode sorogan adalah metode yang digunakan di pondok pesantren Al-Ghozali Jogoroto dan pondok pesantren Al-Khoiriyah Hasyim Diwek Jombang. Tentunya dari dua pondok tersebut ada persamaan dan perbedaan dalam penerapannya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi metode sorogan dalam menghafal al-Quran di pondok pesantren Al-Ghozali Jogoroto dan pondok pesantren Al-Khoiriyah Hasyim Diwek Jombang, serta mengetahui perbedaan dan persamaan penerapannya. Dalam penelitian penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode sorogan di pondok pesantren Al-Ghozali Jogoroto adalah Santri mengaji satu persatu untuk menyetorkan hafalannya langsung kepada pengasuh. Selama menghafal di depan pengasuh, jika terjadi kesalahan langsung dibetulkan. Bagi santri yang belum lancar harus mengulang lagi hafalannya. Dan santri yang akan menambah hafalannya harus membaca secara bi al-Naz}ar dulu untuk setoran hari berikutnya, (2) Sedangkan penerapan metode sorogan di pondok pesantren Al-Khoiriyah Hasyim adalah santri mengaji satu persatu untuk menyetorkan hafalannya kepada ustadz yang telah ditunjuk oleh pengasuh. Dan santri yang akan menambah hafalannya tidak membaca ayat yang akan disetorkan untuk hari esok. Sehingga terdapat perbedaan penerapan metode sorogan dalam menghafal al-Qur’an di pondok pesantren Al-Ghozali Jogoroto dan pondok pesantren Al-Khoiriyah Hasyim Diwek Jombang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 22 Jan 2017 03:06
Last Modified: 22 Jan 2017 03:06
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats