UPAYA GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE ROLL PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAKDI MIN REJOSO PETERONGAN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ROUDLOH, NUNIK (2016) UPAYA GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE ROLL PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAKDI MIN REJOSO PETERONGAN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar meningkat, dan partisipasi siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran aqidah akhlak di kelas IV.1 MIN Rejoso Peterongan Jombang. Pemecahan rendahnya partisipasi siswa di kelas IV.1 MIN Rejoso Peterongan jombang dengan menggunakan penerapan metode roll playing dalam pembelajaran aqidah akhlak meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus terhadap 29 siswa. Adapun tehnik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan tehnik persentase. Tingkatan partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori 75 % dari jumlah siswa dapat menjiwai dari karakter yang telah diperankan dalam materi pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dalam kalimat thoyyibah (assalamu’alaikum). 75 % siswa mampu melafalkan dengan baik materi tentang kalimat thoyyibah (assalamu’alaikum) dengan menggunakan metode bermain peran (role playing). 100 % siswa menguasai materi pembelajaran bermain peran dalam kalimat thoyyibah (assalamu’alaikum). 80 % siswa menggunakan property sesuai dengan perannya dalam penggunaan metode roll playingdalam materi tentang kalimat thoyyibah (assalamu’alaikum). Dapat bekerjasama dengan kelompok dengan baik dan sesuai dengan perannya 100 %. Dengan demikian upaya guru dengan menggunakan metode roll playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.1 mata pelajaran aqidah akhlak di MIN Rejoso Peterongan Jombang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 18 Jan 2016 04:26
Last Modified: 18 Jan 2016 04:26
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats