MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBENTUK SANTRI YANG UNGGUL DI ASRAMA II AL-KHODIJAH PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG

SOLIKHAH, AMINATUS (2016) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBENTUK SANTRI YANG UNGGUL DI ASRAMA II AL-KHODIJAH PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses bembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya. Adapun pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang serta diakui oleh masyarakat sekitar dengan system asrama dimana santri menerima pendidikan agama melalui pengajian atau madrasah yang berada di bawah pimpinan seorang kiai atau beberapa kiai untuk tujuan terbentuknya manusia yang memiliki kesadaran seting-tingginya akan bimbingan agama islam yang bersifat menyeluruh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi mana kurikulum madrasah diniyah dalam membentuk manusia yang unggul di Asrama II Al-Khodijah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara metode angket, observasi, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil wawancara, angket dan observasi yang penulis lakukan dengan para pengurus, ustadh dan ustadhah tersebut untuk selanjutnya dianalisis dan dibahas, setelah melalui pemisahan dan pengelompokan yang dilakukan terhadap data-data yang diperlukan dalam karya tulis ini . Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa manajemen kurikulum madrasah diniyah di Asrama II Al-Khodijah masih mengikuti manajemen kurikulum yang ada, yaitu pp no 55 tahun 2007 tapi ada penambaha- penambahan dalam implementasinya, sehingga dapat membentuk santri yang unggul. Tetapi di balik itu ada beberapa factor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan kurikulum madrasah diniyah, yaitu : Ketelatenan dari para ustadh dan ustadhah yang mengajar di Madrasah Diniyah tersebut.,Motivasi yang selalu disampaikan oleh para ustadh dan ustadhah Madrasah Diniyah,Para pengurus yang selalu melakukan control terhadap santriwati yang melaksanakan pengajian pada Madrasah Diniyah tersebut. Adapun factor penghambatnya adalah :Kurikulum yang belum baku, ada di antara santri yang kurang bergairah dalam belajar di Madrasah Diniyah Asrama II,Adanya santri yang merasa terbebani melaksanakan pengajian rutin di Madrasah Diniyah Asrama II Al-Khodijah dan adanya dualism kepentingan santri yaitu antara pendidikan formal dan pendidikan yang ada di pondok pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:24
Last Modified: 18 Jan 2016 03:24
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats