PENGARUH MANAJEMEN MADRASAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL-ANWAR PACUL GOWANG TAHUN AJARAN 2014/2015

HASAN, M. (2015) PENGARUH MANAJEMEN MADRASAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL-ANWAR PACUL GOWANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Manajemen madrasah sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya manusia/SDM di lembaga pendidikan islam memiliki peran yang sangat besar dalam pencapaian tujuan pendidikan. Untuk itu di perlukan adanya sistem pembagian tugas yang kooperatif antara seorang manajer/kepala sekolah dengan para wakanya, sehingga terwujud mitra kerja yang baik dalam proses pembelajaran. Dengan proses pembelajaran yang baik tersebut, di pastikan tujuan pendidikan sebagai akhir dari proses pembelajaran akan tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen madrasah terhadap peningkatan hasil belajar bidang studi pendidikan agama islam. Metode yang digunakan adalah analisis statistik korelasional product moment. Data diambil dengan menggunakan angket. Populasi dalam peneitian ini adalah tenaga kependidikan dan siswa di MA Al-Anwar Pacul Gowang Diwek Jombang. Karena populasinya lebih dari seratus orang, maka digunakan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Manajemen madrasah di MA Al-Anwar Pacul Gowang Diwek Jombang Tahun 2014/2015 termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Hali ini terbukti dengan nilai rata-rata sebesar 77%. 2) Peningkatan hasil belajar bidang studi pendidikan agama islam di MA Al-Anwar Tahun 2014/2015juga termasuk kualifikasi baik. Terbukti dengan nilai rata-rata 62,9%. 3) Analisis pengaruh manajemen madrasah terhadap peningkatan hasil belajar bidang studi pendidikan agama islam di MA Al-Anwar Pacul Gowang tahun 2014/2015 diperoleh indeks nilai sebesar 0,316. Hal ini berarti pengaruh manajemen madrasah ( variabel X ) terhadap peningkatan hasil belajar bidang studi pendidikan agama islam ( variabel Y ) tergolong rendah/lemah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 13 Jan 2016 02:59
Last Modified: 13 Jan 2016 02:59
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats