Ilmi, Muhammad Hafidhul (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KIFAYATUL AWAM DALAM PENGUATAN AQIDAH SISWA MADRASAH ALIYAH MIDANUTTA‟LIM JOMBANG SKRIPS. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf Download (26kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penyelewengan aqidah semakin marak sehingga menimbulkan sikap materialisme di masyarakat seperti halnya mengejar harta, kedudukan dan kenikmatan duniawi tanpa memperhatikan nilai-nilai spiritual dan moral. Sikap ini tercermin dalam kehidupan sehari-hari dimana banyak orang lebih mengutamakan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersama, serta mengabaikan ajaran agama yang mengedepankan kejujuran, keadilan, dan keseimbangan hidup. Hal ini menyebabkan meningkatnya tindakan korupsi, penipuan dan perilaku tidak etis yang merugikan masyarakat luas. Adapun tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab kifayatul awam di Madrasah Aliyah Midanutta’lim Jombang.Mendeskripsikan penguatan aqidah siswa di Madrasah Aliyah Midanutta’lim Jombang.Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab kifayatul awam dalam penguatan aqidah siswa di Madrasah Aliyah Midanutta’lim Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengang metode observasi,metode wawancara dan metode dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Midanutta'lim telah berupaya keras mengimplementasikan pembelajaran kitab Kifayatul Awam melalui perencanaan kurikulum, metode pembelajaran variatif, dan evaluasi sistematis, namun masih dihadapkan pada tantangan seperti kurangnya pelatihan khusus bagi guru, perbedaan adaptasi antara siswa putra dan putri, serta kurangnya tanggung jawab siswa dalam membawa materi pembelajaran, sehingga diperlukan peningkatan dukungan untuk pelatihan guru, pendekatan yang lebih personal dalam mengajar, dan langkah-langkah untuk meningkatkan motivasi dan disiplin siswa agar proses pembelajaran berjalan lebih efektif dan menghasilkan siswa dengan pemahaman akidah Islam yang kuat dan mendalam. Kata kunci: kitab kifayatul awam, implementasi pembelajaran, penguatan aqidah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 02:28 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 02:32 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3513 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
![]() |
View Item |