PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE YANBU’A DAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DARUL ULUM REBALAS GRATI PASURUAN

Muslikha, Muslikha (2024) PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN METODE YANBU’A DAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN BUDAYA RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DARUL ULUM REBALAS GRATI PASURUAN. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (93kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (21kB)

Abstract

Budaya religius merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter siswa. Pasalnya melaui budaya religius tersebut dapat menjadi sarana untuk membentuk suatu iklim yang bernafaskan keagamaan. Oleh karena itu, dibutuhkan Manajemen Pembelajaran Metode Yanbu’a dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari al-qur’an dan motivasi belajar siswa bertujuan untuk terus mendorong siswa untuk selalu belajar al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen pembelajaran metode Yanbu’a dan motivasi belajar al-qur’an siswa terhadap pembentukan budaya religius siswa di SMK Darul Ulum Rebalas Grati Pasuruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen pembelajaran metode Yanbu’a berpengaruh terhadap variabel budaya religius siswa; 2) Motivasi belajar al-qur’an berpengaruh terhadap variabel budaya religius siswa; 3) Manajemen pembelajaran metode Yanbu’a dan variabel motivasi belajar al-qur’an secara simultan berpengaruh terhadap variabel budaya religius siswa; 4) Terdapat kendala dan hamabatan dalam penerapan manajemen pembelajaran metode Yanbu’a dan motivasi belajar al-qur’an terhadap pembentukan budaya religius siswa di SMK Darul Ulum Rebalas Grati Pasuruan. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Metode Yanbu’a, Motivasi Belajar, Al-Qur’an, Budaya Religius

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 28 Dec 2024 04:25
Last Modified: 28 Dec 2024 04:26
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats