PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LEARNING MATH BERBANTU APLIKASI GREENFOOT PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

SHOLIKHA, ALFI INDA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LEARNING MATH BERBANTU APLIKASI GREENFOOT PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
Cover_compressed.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Hasil Cek Plagiasi_compressed.pdf

Download (42kB)

Abstract

Minat belajar ialah satu dari hal esensial yang perlu dimiliki oleh siswa. Namun pada kenyataannya kebanyakan siswa masih mempunyai minat yang rendah bagi matematika. Penelitian terkait adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan (1) mendeskripsikan rangkaian kegiatan pengembangan media pembelajaran interaktif learning math berbantu aplikasi greenfoot pada materi barisan dan deret aritmatika guna meningkatkan minat belajar yang valid, praktis, dan efektif (2) pengembangan media pembelajaran interaktif learning math berbantu aplikasi greenfoot pada materi barisan dan deret aritmatika guna meningkatkan minat belajar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan terkait menjalankan penerapan model penelitian dan pengembangan ADDIE ialah singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations yang melalui lima langkah atau tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Pengembangan media pembelajaran interaktif learning math berbantu aplikasi greenfoot pada materi barisan dan deret aritmatika guna meningkatkan minat belajar terkait diselenggarakan dua uji coba, yatersebut uji coba terbatas dan uji coba lapangan di MA Nurul Qur’an Bendungrejo Jogoroto Jombang, di mana uji coba terbatas diikuti oleh 8 siswa kelas XI1, sedangkan uji coba lapangan diikuti oleh 25 siswa kelas XI-2. vii Pengumpulan data diselenggarakan dengan menjalankan penerapan lembar validasi Media Learning Math, angket minat belajar, angket respon siswa, dan angket respon pendidik. Secara umum hasil yang diperoleh dari penelitian terkait yatersebut pengembangan media pembelajaran interaktif learning math berbantu aplikasi greenfoot pada materi barisan dan deret aritmatika guna meningkatkan minat belajar telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Produk memenuhi kriteria valid dengan persentase kevalidan dari validator ahli 1 sebesar 75% dan validator ahli 2 sebesar 73%. Hasil keefektifan Media Learning Math ditinjau dari angket minat belajar siswa dengan kriteria klasifikasi interpretasi skor n-gain yatersebut 0,8 (

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan
Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan > S1 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:55
Last Modified: 19 Aug 2024 02:55
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3234

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats