ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER

AL FITRIYA, UMI MAGHFIROH (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img]
Preview
Text (Cover Sampai BAB III)
Cek Plagiasi skripsi-Umi Maghfiroh Al Fitriya_Part1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB VI)
Cek Plagiasi skripsi-Umi Maghfiroh Al Fitriya_Part2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (Presentase Hasil Cek Similarity)
Cek Plagiasi skripsi-Umi Maghfiroh Al Fitriya_Part3.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Karena itu penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis kesalahan yang digunakan dalam penelitian adalah jenis kesalahan menurut Newman. Pada penelitian ini diambil 2 subjek penelitian yaitu satu subjek dengan gaya kognitif visualizer dengan jumlah kesalahan terbanyak dan satu subjek dengan gaya kognitif verbalizer dengan jumlah kesalahan terbanyak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tulis, wawancara dan angket VVQ. Secara umum hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : subjek yang memiliki gaya kognitif visualizer dengan jumlah kesalahan terbanyak melakukan jenis kesalahan menurut Newman yaitu kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Pada jenis kesalahan keterampilan proses subjek tidak menjumlahkan jumlah keseluruhan dari luas yang telah dihitung dan kesalahan menggunakan aturan matematika. Pada kesalahan penulisan jawaban akhir subjek tidak menuliskan kesimpulan. Subjek yang memiliki gaya kognitif verbalizer dengan jumlah kesalahan terbanyak melakukan jenis kesalahan menurut Newman yaitu kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Pada kesalahan keterampilan proses subjek melakukan kesalahan menggunakan aturan matematika. Pada kesalahan penulisan jawaban akhir subjek tidak menuliskan kesimpulan. Kata kunci: Kesalahan, soal cerita, visualizer, verbalizer

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:21
Last Modified: 09 Feb 2023 03:21
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats