IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (Studi Multikasus di Madrasah Diniyah PP.Midanutta’lim Mayangan dan Madrasah Diniyah Ghozaliyah Sidowaras Jogoroto Jombang)

Ashlihah, Qoni’atul (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (Studi Multikasus di Madrasah Diniyah PP.Midanutta’lim Mayangan dan Madrasah Diniyah Ghozaliyah Sidowaras Jogoroto Jombang). Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan kendala dalam manajemen kurikulum sebagai upaya pembentukan karakter santri di Madrasah Diniyah PP.Midanutta’lim Mayangan dan Madrasah Diniyah Ghozaliyah Sidowaras Jogoroto Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis studi kasus dan rancangan multi situs. Sesuai dengan Miles dan Huberman, teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Uji validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan kurikulum Madrasah Diniyah sebagai upaya pembentukan karakter santri di Madrasah Diniyah PP.Midanutta’lim dan Madrasah Diniyah Ghozaliyah yaitu: (a) perencanaan tujuan, meliputi penentuan landasan tujuan dan penentuan desain kurikulum. (b) perencanaan isi atau program dalam upaya pembentukan karakter santri meliputi; perencanaan program, pemilihan materi, penentuan sumber, alat dan sarana belajar, penentuan cara mengukur hasil belajar. (c) perencanaan strategi pelaksanaan, meliputi penjabaran materi, perencanaan penyusunan pembelajaran, penentuan strategi dan metode pembelajaran, dan penentuan cara penilaian proses belajar. (d) perencanaan evaluasi kurikulum. (2) pelaksanaan kurikulum Madrasah Diniyah sebagai upaya pembentukan karakter santri di Madrasah Diniyah PP.Midanutta’lim dan Madrasah Diniyah Ghozaliyah adalah: (a) pelaksanaan isi kurikulum meliputi; pelaksanaan program-program, penggunaan sumber, alat dan sarana pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar. (b) pelaksanaan strategi meliputi; pelaksanaan strategi dan metode pembelajaran, penggunaan sumber, alat dan sarana pembelajaran dan pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar. (c) pelaksanaan evaluasi kurikulum. (3) kendala yang ditemukan adalah pada perencanaan dan pelaksanaaan program pembelajaran, perencanaan dan pelaksanaan penilaian hasil belajar, serta penggunaan sarana pembelajaran. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Madrasah Diniyah, Pembentukan Karakter

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:17
Last Modified: 03 Jan 2023 01:17
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats