SOPIAN, MUHAMMAD ABU (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQO JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci : Manajemen Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) Di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Jmbang pondok pesantren Al-Urwatul Wutsqo Jombang, dimana para santri selain diajarkan ilmu agama dan ilmu umum mereka juga dibekali dengan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kecakapan hidup seperti peternakan, perikanan, pertanian, perbengkelan, (tataboga kusus putri), dan koprasi. Dari manajemen pendidikan kecakapan hidup (life skills), bagaimana perencanaan pendidikan kecakapan hidup (life skills) di pp-uw?, bagaimana pengorganisasian kurikulum pendidikan kecakapan hidup (life skills) di pp-uw ? dan bagaimanakah efektifitas pendidikan kecakapan hidup (life skills) di pp-uw?. Penelitian ini termasuk katagori field research ( penelitian lapangan) pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif- analitis. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perencanaan pendidikan kecakapan hidup (life skills) di pp-uw adalah untuk mewujudkan visi pp-uw yaitu terwujudnya masarakat berkepribadian mulia paham Al-Qur’an dan pengagung tuhan maha pencipta berangkat dari misi ini pendidikan life skills dapat dikembangkan pendidikan life skills di pp-uw mulai ada sejak kepemimpinan abah Qoyim ya’qub. Pada kepemimpinan beliyau pendidikan di pp-uw di titik beratkan pada pendidikan thorekoh yang mana setiap kegiatan lebih mendahulukan peraktek dari pada teori. Kurikulum yang diterapkan di pp-uw ada dua macam. 1) yang diterapkan dilembaga formal dibagi menjadi dua yaitu Al-Qur’an dan mata pelajaran UNAS/UN mata pelajaran agama dimasukkan dalam katagori/kelompok Al-Qur’an dan Qur-Any, ilmu ini saling memperkuat antara satu dengan yang lain ilmu Qur-Any/metode Qur-Any diterapkan di pp-uw. Qur-any adalah alat atau penghantar untuk mempelajari Al Qur’an. Metode Qur-any ini adalah produk pondok sendiri, yang disusun sendiri oleh abah, atau pengasuh pondok. pengelolaan keuangan adalah pp-uw menerapkan asas-asas keuangan atas dasar tiada biyaya bukan penghalang mencari ilmu tapi membiyayai ilmu sama dengan jihad fisabilillah yang akan dilipat gandakan pahalanya oleh allah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 31 Dec 2022 02:40 |
Last Modified: | 31 Dec 2022 02:40 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2586 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |