PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MATEMATIKA DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

ABDILLAH, MUHAMMAD KAFABIHI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MATEMATIKA DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar digital matematika dengan aplikasi book creator untuk mendukung pemahaman konseptual peserta didik pada pokok bahasan aritmatika sosial yang valid, praktis, dan efektif, (2) menghasilkan bahan ajar digital matematika dengan aplikasi book creator untuk mendukung pemahaman konseptual peserta didik pada pokok bahasan aritmatika sosial yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations yang melalui lima Langkah atau tahapan, yaitu : (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Bahan ajar digital matematika dengan aplikasi book creator diuji cobakan pada enam peserta didik kelas VII MTs. Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, angket respon guru, dan soal tes pemahaman konseptual. Secara umum hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahan ajar digital matematika dengan aplikasi book creator telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sebagai bahan ajar pembelajaran matematika. Produk memenuhi kriteria valid dengan persentase kevalidan sebesar 81%. Hasil uji coba bahan ajar digital matematika dari hasil angket respon guru dan angket respon peserta didik diperoleh persentase skor sebesar 85% sehingga memenuhi kriteria adalah praktis. Hasil uji coba keefektifaan bahan ajar menunjukkan kategori efektif dengan persentase rataan skor yang diperoleh sebesar 89%. Kata kunci : Bahan ajar, Book Creator, Pemahaman Konseptual

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:12
Last Modified: 10 Nov 2022 01:12
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2514

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats