Number Sense Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Verbalizer dan Visualizer

Miftahurrohmah, Selvira Hadi (2020) Number Sense Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Verbalizer dan Visualizer. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Number sense siswa merupakan kemampuan dasar yang dimiliki siswa untuk mempelajari dan menyelesaikan pemecahan masalah matematika. Siswa harus memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang baik agar dapat menyelesaikan berbagai permasalahan matematika, meskipun strategi yang digunakan berbeda. Perbedaan strategi yang digunakan disebabkan karena perbedaan gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan number sense siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif verbalizer dan visualizer. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan tiga macam instrumen penelitian yaitu, tes gaya kognitif VVQ, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa yang memiliki gaya kognitif verbalizer dan satu siswa lain yang memiliki gaya kognitif visualizer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek verbalizer dan subjek visualizer dapat menuliskan informasi pada soal dengan tepat. Subjek verbalizer menyusun masalah menggunakan permisalan, sedangkan subjek visualizer menggunakan ilustrasi gambar. Subjek verbalizer dan subjek visualizer juga dapat menemukan dan menjelaskan istilah matematika pada soal. Subjek verbalizer dan subjek visualizer dapat menyajikan masalah dengan kalimatnya sendiri dan menentukan langkah yang akan dilakukan dengan tepat. Kedua subjek juga dapat menggunakan sifat matematika dan menemukan hubungan antar bilangan pada soal dengan tepat. Subjek verbalizer dan subjek visualizer dapat memilih dan menggunakan rumus yang paling sederhana untuk menyelesaikan soal dengan tepat, bahkan subjek visualizer dapat menyebutkan rumus yang lebih sederhana dibandingkan rumus yang diketahui oleh subjek verbalizer. Kedua subjek dapat melakukan perhitungan mental dengan tepat. Selain itu, subjek verbalizer dan subjek visualizer juga dapat melakukan estimasi perhitungan dan pembulatan bilangan dengan tepat meskipun pembulatan bilangan yang dilakukan oleh subjek verbalizer tidak konsisten saat menuliskan banyaknya bilangan setelah koma. Sedangkan subjek visualizer menuliskannya secara konsisten yaitu dua angka dibelakang koma. Subjek verbalizer dan subjek visualizer menuliskan hasil akhir jawaban secara tepat. Bahkan subjek verbalizer selalu menuliskan kesimpulan pada setiap hasil jawaban, meskipun jawaban tersebut bukanlah jawaban pada hasil akhir. Keywords: Number Sense, Pemecahan Masalah, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 02 Jan 2022 01:58
Last Modified: 02 Jan 2022 01:58
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2336

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats