PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN & PRAKTIK PERSONAL HYGIENE MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI TUNA GRAHITA DI YAYASAN SLB MUHAMMADIYAH JOMBANG

ANGGRAINI, YULIA SISKA AYU (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN & PRAKTIK PERSONAL HYGIENE MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI TUNA GRAHITA DI YAYASAN SLB MUHAMMADIYAH JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebersihan pada saat menstruasi merupakan hal penting dalam menentukan kesehatan organ reproduksi pada remaja putri, khususnya terhindar dari infeksi organ reproduksi. Remaja tunagrahita dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan perawatan diri salah satunya personal hygiene masih memerlukan bantuan, sehingga pemberian pendidikan kesehatan metode demonstrasi dapat meningkatkan pengetahuan dan praktik personal hygiene menstruasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan metode demonstrasi terhadap pengetahuan & praktik personal hygiene menstruasi pada remaja tunagrahita. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Eksperiment One Group Pretest-Postest Design. Populasi adalah seluruh remaja tunagrahita di Yayasan SLB Muhammadiyah Jombang sebanyak 15 responden. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Variabel independent adalah Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi ,Variabel Dependent adalah Pengetahuan dan Praktik Personal Hygiene Menstruasi data dianalisis menggunakan uji Paired T-Test dengan tingkat kemaknaan α ≤ (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan pendidikan kesehatan metode demonstrasi sebagian besar pengetahuan baik sebanyak 8 responden (53,3%) dan sebagian besar praktik personal hygiene menstruasi baik sebanyak 10 responden (66,7%). Menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan metode demonstrasi terhadap pengetahuan dan praktik personal hygiene menstruasi dengan (p-value 0,000). Pendidikan kesehatan metode demonstrasi efektif meningkatkan pengetahuan dan praktik personal hygiene menstruasi pada remaja tunagrahita sehingga dapat dijadikan sarana pembelajaran. Kata Kunci : Pendidikan kesehatan, demonstrasi, pengetahuan dan praktik, personal hygiene menstruasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:15
Last Modified: 25 Nov 2019 02:15
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats