Mufarikhah, Siti (2019) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DAN MEDIA KANTONG DORAEMON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KESAMBEN NGORO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian Pembelajaran di kelas IV MI Darussalam Kesamben Ngoro Jombang, guru menggunakan metode ceramah, dan penugasan, penelitian dilaksanakan karena siswa kurang mampu untuk mencari gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam paragraph. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV mata pelajaran Bahasa Indonesia MI Darussalam Kesamben Ngoro Jombang. Subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 29 siswa. Penelitian menggunakan analisis data flow model dan data dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada tahap pra siklus, hanya 10 siswa yang mampu dengan Persentase ketuntasan sebanyak 34,5 dan rata-rata sebanyak 64,82. Hasil pada siklus 1 terdiri dari 17 siswa hasil belajar mengalami peningkatan dengan Persentase ketuntantasan sebanyak 58,6 dan 80,7 rata-rata klasikal. Sedangkan siklus 2 mencapai 100 ketuntasan dengan ratarata sebanyak 96,55. Disimpulkan bahwa menggunakan metode mind mapping dan media kantong doraemon dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Darussalam Kesamben Ngoro Jombang. Kata Kunci: Mind Mapping, Kantong Doraemon, Kemampuan Berfikir Kritis, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 01:51 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 01:51 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |