Sholikhah, Iis (2019) IMPLEMENTASI METODE RISTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PEMBAGIAN SISWA KELAS 3A PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUL ULUM 1 BRANGKAL BANDARKEDUNGMULYO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung pembagian mata pelajaran matematika melalui metode ristan (Baris Kelipatan) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 3A Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum 1 Brangkal Bandarkedungmulyo Jombang Sebanyak 25 siswa. Penelitian dilaksanakan karena siswa kurang mampu berhitung pembagian sebab guru hanya menggunakan metode ceramah dan tekstual. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berdasarkan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pada tahap pra siklus, hanya 8 siswa yang mampu dengan persentase ketuntasan sebanyak 32% dan rata-rata klasikal sebanyak 52,8. Hasil pada siklus 1 terdiri dari 18 siswa yang mampu berhitung pembagian dengan persentase 72% dan 82,6 rata-rata klasikal. Sedangkan pada siklus 2 mencapai 100% ketuntasan dengan rata-rata klasikal sebanyak 94. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ristan dapat meningkatkan kemampuan berhitung pembagian pada siswa kelas 3A MI Raudlatul Ulum 1 Brangkal Bandarkedungmulyo Jombang. Kata Kunci: Ristan, Kemampuan Berhitung, Pembagian, Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 01:20 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 01:20 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1624 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |