Arianti, Dewi Rizky (2019) PENERAPAN MEDIA DIORAMA DAN PETA TIMBUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III DI MI SUNAN KALIJOGO II TINGGAR BANDARKEDUNGMULYO JOMBAN. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran di kelas III MI Sunan Kalijogo II Tinggar Bandarkedungmulyo Jombang, guru masih menggunakan metode yang konvensional yaitu pembelajaran yang menggunakan metode berpusat pada guru, penelitian dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS MI Sunan Kalijogo II Tinggar Bandarkedungmulyo Jombang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 30 siswa. penelitian ini menggunakan analisis dan flow model data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada tahap pra siklus, hanya 15 siswa yang mampu dengan prosentase ketuntasan sebanyak 50% dan rata-rata sebanyak 70. Hasil pada siklus I terdiri dari 25 siswa yang hasil belajarnya mengalami peningkatan dengan prosentase ketuntasaan sebanyak 75 dan 79,33 rata-rata klasikal. Sedangkan siklus IImencapai 100% ketuntasan dengan ratarata sebanyak 95,33%. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan media diorama dan peta timbul dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas II di MI Sunan Kalijogo II Tinggar Bandarkedungmulyo Jombang. Kata Kunci : Media Diorama dan Peta Timbul, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 02:13 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 02:13 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1611 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |