POLA HUBUNGAN MURID DAN GURU MENURUT TA’LI M AL-MUTA’ALLIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN MODERN

Iqbal, Muhamad (2019) POLA HUBUNGAN MURID DAN GURU MENURUT TA’LI M AL-MUTA’ALLIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN MODERN. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas manusia. Oleh sebab itu, manusia merupakan kekuatan sentral dalam pembangunan, sehingga mutu dan system akan dapat ditentukan keberhasilannya melalui peningkatan motivasi belajar muird. Kehidupan dan peradaban manusia dizaman globalisasi ini mengalami banyak perubahan dalam merespon fenomena itu, lembaga pendidikan berlomba dan berpacu mengembangkan kualitas pendidikan disegala bidang ilmu dan termasuk juga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Era yang demikian memunculkan sebuah kritis dimensi spiritual dalam kehidupan individu, masyarakat bahkan pada sektor yang lebih luas berbangsa dan bernegara. Dalam pandangan Syaikh al-Zarnu>ji>, tujuan pendidikan khususnya murid dan guru melahirkan manusia-manusia baru yang sipa tampil sebagai insane ‘ulama’-intelek dan intelek ‘ulama’. Yakni manusia baru yang memiliki keteguhan iman dan pengetahuan agama yang begitu luas serta jasmani dan ruhaninya. Sedangkan tujuan pendidikan menurut pandangan pendidikan modern adalah menciptakan manusia yang selalu berusaha untuk mengikuti zaman dan perkembangan dunia kapanpun dan dimanapun. Kata Kunci: Murid, Guru dan Pendidikan Modern.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Nov 2019 03:08
Last Modified: 03 Nov 2019 03:08
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats