DESKRIPSI PENALARAN KREATIF SISWA SMA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

NINGSIH, LILIK FATIMAH (2018) DESKRIPSI PENALARAN KREATIF SISWA SMA PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan suatu ilmu yang tidak bisa terlepas dari aspek pemecahan masalah dan penalaran. Kedua hal tersebut merupakan hal penting yang harus dikuasai siswa. Salah satu jenis penalaran yang penting dimiliki oleh siswa adalah penalaran kreatif. Untuk meningkatkan kemampuan bernalar kreatif dapat dilakukan dengan membiasakan siswa untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran kreatif siswa SMA pada pemecahan masalah trigonometri ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 2 orang siswa yang berkemampuan matematika tinggi yang diambil dari siswa kelas X-MIPA 1 dan X-MIPA 3. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator penalaran kreatif terhadap pemecahan masalah berdasarkan model heuristik Wickelgren. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah siswa laki-laki yang berkemampuan matematika tinggi mampu menunjukkan aspek penalaran kreatif seperti dasar matematika dan masuk akal pada indikator menganalisis dan memahami masalah, mampu menunjukkan keseluruhan aspek penalaran kreatif seperti dasar matematika, masuk akal, kebaruan, dan fleksibel pada dua indikator yaitu pada indikator merancang dan merencanakan solusi serta pada indikator mencari solusi dari masalah, dan siswa laki-laki belum mampu menunjukkan aspek penalaran kreatif seperti dasar matematika dan masuk akal pada indikator memeriksa solusi. Sedangkan siswa perempuan yang berkemampuan matematika tinggi mampu menunjukkan aspek penalaran kreatif seperti dasar matematika dan masuk akal pada indikator menganalisis dan memahami masalah, mampu menunjukkan aspek penalaran kreatif seperti dasar matematika, masuk akal, kebaruan, dan fleksibel pada dua indikator yaitu pada indikator merancang dan merencanakan solusi serta pada indikator mencari solusi dari masalah, serta siswa perempuan mampu menunjukkan aspek penalaran kreatif seperti dasar matematika dan masuk akal pada indikator memeriksa solusi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 30 Dec 2018 04:11
Last Modified: 30 Dec 2018 04:11
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats