PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN EKSPOSITORI

NURAENI, LUTFI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN EKSPOSITORI. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu guru mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran, seperti model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Bareng Jombang di kelas X yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X-MIA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas X-MIA 1 dan 30 siswa kelas X-MIA 2. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control design, adapun post-test yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Perangkat dan instrumen yang harus divalidasi yaitu RPP, lembar observasi dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (independent-samples T-test). Berdasarkan hasil Uji-t (independent-samples T-test) diperoleh nilai sig 0,000. Karena signifikansi 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pebedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) dengan pembelajaran ekspositori di kelas X SMA Negeri Bareng Jombang. Nilai rata-rata kelas X-MIA 1 menggunakan pembelajaran kooperatif two stay two stray yaitu 80 dan nilai rata-rata kelas X-MIA 2 menggunakan pembelajaran ekspositori 58,5 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas matematika menggunakan pembelajaran kooperatif two stay two stray lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pembelajaran ekspositori. Kata kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS), Ekspositori, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 30 Dec 2018 04:09
Last Modified: 30 Dec 2018 04:09
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats