PERBANDINGAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

KHOTIMAH, NURUL (2018) PERBANDINGAN SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih banyak belum mampu mengungkapkan identitas gagasannya, siswa cenderung pasif, dan kurang percaya diri yang diistilahkan sebagai self efficacy. Hal ini ditandai dengan adanya kurang yakinnya siswa ketika mengerjakan soal matematika ketika guru memberikan tugas pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji tingkat self efficacy matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan post test only control design. Uji beda dilakukan untuk mengukur hasil self efficacy matematika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Unggulan 1 Darul „Ulum Peterongan Jombang tahun ajaran 2016/2017. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat self efficacy matematika siswa terdapat perbedaan antara pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil uji (independent sample T-test) dari nilai rata-rata hasil self efficacy matematika diperoleh mean rank 39,13 kelas eksperimen lebih tinggi dari mean rank kelas kontrol yaitu 36,97, serta nilai signifikansi (P) adalah 0.000 <∝ (0.05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan self efficacy matematika siswa kelas VII-7 SMP Unggulan 1 Darul „Ulum Peterongan Jombang. Selain itu, siswa hendaknya dapat mengikuti pembelajaran NHT dengan sungguh-sungguh karena mempunyai kelebihan diantaranya menimbulkan rasa percaya diri dan mampu menimbulkan rasa tanggungjawab dalam diri siswa. Kata Kunci : Self Efficacy, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Model Pembelajaran Lanngsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 30 Dec 2018 03:57
Last Modified: 30 Dec 2018 03:57
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats