PERBEDAAN HASIL BELAJAR DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI NAIK DAN FUNGSI TURUN SISWA KELAS XI

FITRIA, NAILI FAIZ (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI NAIK DAN FUNGSI TURUN SISWA KELAS XI. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran ekspositori dan Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran matematika materi fungsi naik dan fungsi turun siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan pemberian model pembelajaran TPS dan kelas kontrol dengan pemberian model pembelajaran ekspositori. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dengan menggunakan uji-u atau uji Mann-Whitney sebagai rumus uji analisis. Berdasarkan hasil uji-u, nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (0,00<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran ekspositori dan TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran matematika materi fungsi naik dan fungsi turun siswa kelas XI di MAN 2 Jombang. Maka, model pembelajaran TPS berbeda dan lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada hasil belajar matematika siswa kelas XI. Kata kunci : Hasil belajar, model pembelajaran Think Pair Share, model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 30 Dec 2018 03:55
Last Modified: 30 Dec 2018 03:55
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats