IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT SINAR MAKMUR KOMODITAS DALAM MENGHADAPI FENOMENA BERAS BERPEMUTIH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN BERAS MEREK SUMO

HANDOYO, JOKO (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT SINAR MAKMUR KOMODITAS DALAM MENGHADAPI FENOMENA BERAS BERPEMUTIH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN BERAS MEREK SUMO. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena kasus beras berpemutih yang diungkap oleh pihak kepolisian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT.Sinar Makmur komoditas dalam menghadapi fenomena beras berpemutih sebagai upaya peningkatan volume penjualan. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu membuat deskripsi, gambaran serta lukisan secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diteliti. Penelitian ini menggunakan teori yang berhubungan dengan Strategi Komunikasi Pemasaran dengan objek penelitian PT Sinar Makmur Komoditas selaku produsen beras merek SUMO. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 6 orang Informan yaitu direktur, divisi pemasaran,divisi Accounting, konsumen grosir PT. Sinar Makmur Komoditas yang memberikan informasi mengenai Strategi komunikasi pemasaran PT Sinar Makmur Komoditas yang menjadi fokus dalam penelitian ini serta konsumen akhir beras merek SUMO serta konsumen beras secara umum. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah dengan mempersiapkan pesan informasi yang akan disampaikan kepada pelanggan berupa sertifikat-sertifikat hasil uji kualitas beras merek SUMO kemudian memilih media yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan informasi dengan tepat yaitu dengan menggunakan media iklan melalui tulisan tanpa pemutih dan tanpa pewangi yang dicantumkan pada kemasan produk. Kemudian dengan menggunakan media pemasaran langsung dan interaktif melalui website www.sumo.co.id dan facebook serta instagram beras SUMO. Selain itu juga menggunakan media penjualan personal yaitu tenaga pemasar langsung mempresentasikan pesan informasi kepada pelanggan. Laporan penjualan beras merek SUMO mengalami peningkatan dari tahun 2016 sebesar1.807.595 kg atau 1.807,5 ton. Jika dibandingkan dengan rata-rata triwulan pada tahun 2017 yang hanya sebesar 884.961 kg atau 884,9 ton maka tahun 2018 mengalami peningkatan sebesar 104 %. Berdasarkan data volume penjualan beras SUMO diatas maka strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Sinar Makmur Komoditas efektif dalam menghadapi fenomena beras berpemutih yang berkembang di masyarakat. Kata Kunci : Fenomena beras berpemutih, Strategi Komunikasi Pemasaran, volume penjualan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Bisnis dan Bahasa
Fakultas Bisnis dan Bahasa

?? 1 ??
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 26 Nov 2018 04:33
Last Modified: 26 Nov 2018 04:33
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1322

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats