IMPLEMENTASI SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PAIDI MA AS SALAM GEMPOLDAMPET PETERONGAN JOMBANG

ULFA, ZULI MARIA (2015) IMPLEMENTASI SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN PAIDI MA AS SALAM GEMPOLDAMPET PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah sebagai supervisor harus memiliki strategi dalam menjalankan tugas kesehariannya untuk menggerakkan guru agar tetap bergairah dalam melaksanakan tugas proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi supervisi dan bentuknya untuk meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran PAI. Tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi supervisi dan bentuknya untuk meningkatkan kreativitas guru, mengetahui faktor penunjang, penghambat dan solusi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam melakukan supervisi terhadap pembelajaran PAI di MA As Salam. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data Kepala sekolah, Guru PAI, staf TU, waka kurikulum, waka humas dan guru BK. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa 1). Penilaian kinerja guru yang dinilai oleh kepala sekolah, memperoleh nilai sebesar 89,23 yang artinya guru PAI memperoleh nilai baik. 2). Bentuk kreativitas guru PAI dalam pembelajaran PAI di MA As Salam Gempoldampet Peterongan Jombang dengan mengevaluasi dalam pembelajarannya melalui kompetensi pedagogik. 2). Kepribadian meliputi bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional, menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan, dan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru. 3). Sosial meliputi bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif, komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat. 4). Profesional meliputi penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif. Kata kunci : Implementasi Supervisi, Kreativitas Guru, Pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 14 Nov 2015 02:01
Last Modified: 14 Nov 2015 02:01
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats