PENERAPAN METODE BERNYANYI DAN CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI AL HUDA REJOSLAMET MOJOWARNO JOMBANG

Ifanda, Riska (2018) PENERAPAN METODE BERNYANYI DAN CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI AL HUDA REJOSLAMET MOJOWARNO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelajaran SKI bertujuan menanamkan nilai-nilai Islam yang di bangun Rosulullah SAW, serta mengetahui letak geografis di Arab. Kenyataanya siswa sangat rendah dalam memahami materi keadaan geografis di Arab,dikarenakan kurang kreatifnya guru pengampu, metode yang digunakan masih konvensional serta jarang memakai media pembelajaran. Tujuan Penelitian meningkatkan hasil belajar SKI melalui metode bernyanyi dan concept mapping. Jenis penelitian tindakan kelas menggunakan model Kurt Lewin. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan pre test. Subyek penelitian siswa kelas III sebanyak 36 siswa. mengggunakan analisis data flow model. Pada pra siklus nilai rata-rata hanya 55,4 % kemudian naik di siklus I menjadi 60,85% dan naik signifikan pada siklus II menjadi 76,02% nilai ketuntasan belajar dari prasiklus sebesar 26,4% pada siklus I menjadi 42,8 % dilanjutkan pada siklus II terjadi penigkatan yang signifikan yaitu menjadi 67,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelaaran SKI menggunakan metode bernyanyi dan concept mapping dapat meningkatkan secara signifikan hasil belajar siswa. Kata kunci: Metode Bernyanyi dan Concept Mapping, Hasil Belajar, Pembelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:21
Last Modified: 22 Nov 2018 02:21
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats