PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR ANAK DI MTs RAHMAD SA’ID BONGKOT PETERONGAN JOMBANG

RODLIYAH, RODLIYAH (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR ANAK DI MTs RAHMAD SA’ID BONGKOT PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pengembangan kreativitas anak diperlukan sebuah desain pembelajaran yang aplikatif dan lingkungan yang kondusif demi suksesnya proses belajar mengajar. Guru memiliki peranan penting dalam merencanakan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas yang merupakan ujung tombak dan basis proses pendidikan Peneitian ini membahas tentang (1) Implementasi pendekatan Cooperative Learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Rahmad Sa’id Bongkot Peterongan Jombang (2 kreatifitas belajar anak di MTs Rahmad Sa’id Bongkot Peterongan Jombang (3) pengaruh Cooperative Learning terhadap kreatifitas siswa di MTs Rahmad Sa’id Bongkot Peterongan JombangAdapun pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan dan subyek penelitian berjumlah 87 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Implementasi Pendekatan Cooperative Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di MTs Rahmad Sa’id Bongkot Peterongan Jombang pada mata pelajaran aqidah akhlak sangat baik (2) Kreatifitas Belajar Anak di di MTs Rahmad Sa’id Bongkot pada terdapat 22 atau 49.92% termasuk pada kategori sangat baik, 64 atau 73.57 % termasuk pada kategori baik (3) Terdapat pengaruh implementasi pendekatan Cooperative Learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap kreatifitas belajar anak di MTs Rahmad Sa’id Bongkot yang dibutikan dengan uji t, dimana t hitung (4.894)lebih besar dari pada t tabel (1.98827) dan pengaruh tersebut dapat dikatagorikan cukup baik dengan tingkat prosentase 51,7 %, Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai r hitung = 5,18 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 Kata Kunci : Cooperative Learning, Pendidikan Agama Islam, Kreatifitas Belajar Anak,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:51
Last Modified: 14 Nov 2015 01:51
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats